Kamis, 24 Maret 2016

Bahaya Pengguna Messenger

Pagi kawan ekibussines , pada pagi ini saya ingin berbagi hal mengenai bahaya pengguna Messenger, nah baik, seperti apa saja sih bahaya bengguna messenger . Berikut penjelasannya ...

  1. Virus 
Program instant messenger (IM) yang tengah populer di kalangan pengguna internet tampaknya bakal jadi sasaran empuk virus-virus jenis worm. Setelah lama membidik program email, para pembuat virus worm tampaknya akan mulai membidik layanan IM.Demikian diberitakan Zdnet.com, Rabu (15/8/2001).


Akhir Juni 2001 lalu, sebuah virus worm bernama �Choke� melakukan serangan terhadap MSN messenger, jaringan IM milik Microsoft Corp. Sebulan sebelumnya, virus sejenis berkode W32/Hello juga menyerang jaringan yang sama.
Kalangan ahli keamanan komputer menilai kewaspadaan terhadap serangan semacam ini masih sangat kurang. Padahal bukannya tidak mungkin serangan virus worm akan menyerang jaringan IM yang lain, semisal AOL Instant Messenger (AIM) dan ICQ milik AOL Time Warner atau Yahoo Messenger milik Yahoo.

Kalangan pembuat virus saat ini tengah merancang sebuah virus worm yang dapat menyerang berbagai jenis jaringan IM, termasuk sistem pertukaran file peer-to-peer dan sistem wireless. Namun hingga saat ini memang belum ada jenis yang seeektif virus worm yang menyebar melalui program email semisal virus cinta, Anna Kournikova dan Melissa.
Chief Technology Officer (CTO) Privacy Foundation, Richard Smith, menegaskan, email saat ini masih merupakan wahana paling efektif untuk menyebarkan email. Namun kalangan ahli keamanan komputer mengingatkan, serangan masif virus worm melalui jaringan IM hanyalah soal waktu.


Saat ini puluhan juta user di internet telah menggunakan IM untuk melakukan komunikasi secara real time. Layanan ini diprediksi akan menjadi program paling populer di internet dalam waktu dekat.

Selain itu dampak negatif yang ditimbul dari adanya aplikasi tersebut yaitu :


      2.  Rasa Kecanduan

Timbulnya rasa kecanduan akan penggunaan aplikasi tersebut,menimbulkan sifat manja dan malas karena kita selalu dimudahkan olehnya. Selain itu  bisa kita lihat sekarang sekarang ini banyak kita  temui di beberapa lokasi seperti di mall, angkutan umum, di kantor, jalan, banyak orang yang kelihatan asyik dengan aktivitas Chatting mereka dan terkesan cuek terhadap orang yang berada di sekitarnya.Hal tersebut tentu sangat bertentangan dengan etika atau budaya bangsa kita.Fasilitas Chatting yang seharusnya kita gunakan untuk dapat membangun komunikasi dan interaksi dengan baik namun jika kita lihat fenomena yang ada saat ini fasilitas tersebut justru lebih banyak digunakkan untuk hal-hal yang sangat sia-sia dan justru membuang-bunag waktu kita,melakukan obrolan yang kurang penting,mengurung diri di kamar karena keasyikannya dan melupakan interaksi mereka di dalam kehidupan masyarakat yang sesungguhnya.Kita bisa lihat bahwa pengguna terbanyak dari aplikasi ini adalah para remaja dan awal dewasa,terbukti bahwa kebanyakan dari remaja jaman sekarang ini mereka cenderung cuek atau tidak peduli dengan lingkungan tempat tinggal mereka,mereka hanya asyik dengan teman maya mereka atau teman sepermainan mereka.Padahal kita itu hidup di dalam masyarakat.Adanya Instant messenger dapat membuat manusia



     3. Jarang Tatap Muka

jarang untuk bertatap muka dalam melakukan komunikasi.Padahal interaksi dengan bertatap muka atau bertemu secara langsung adalah bentuk komunikasi yang paling baik karena disitu kita bisa lebih mengenal dan memahami orang lain  serta lebih mendekatkan ikatan batin kita.Instant messenger juga dapat membuat manusia kurang cakap dalam komunikasi verbal secara langsung,adanya aplikasi ini membuat kita benar-benar dimanjakan.Hal tersebut tentu memberi efek yang tidak baik jika kita tidak pintar-pintar dalam menyikapinya. Penggunaan fasilitas chatting sebenarnya perlu kita gunakan karena kembali lagi bahwa teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia namun bukan untuk membuatnya kecanduan,atau bahkan menumbuhkan sikap manja.Jadi kita tetap menggunakan teknologi tersebut,namun harus dengan kadar yang sesuai kebutuhan kita.Sehingga kita bisa memanfaatkannya dengan optimal.Kita ambil saja sisi positifnya seperti lebih menghemat biaya,lebih ekspresif dan kreatif dalam menyampaikan pesan dan kefektif/keefisienan waktu tentunya.

Dengan penggunaan instant messenger yang tepat dan optimal,dapat membantu kita dalam berbagai hal, mulai dari mencari ilmu,pekerjaan,silaturahmi dan lain sebagainya.  Jadi agar sebuah fasilitas Chatting bisa memberikan manfaat atau memberi dampak yang positif untuk kita maka kita harus menggunakannya secara optimal.Kita harus menggunakan sesuai dengan kebutuhan kita dan jangan menyalahgunakan kecanggihan dari teknologi ini.

Demikian untuk bahaya pengguna Messenger , kurang lebihnya mohon maaf terimakasih dan sampai ketemu diartikel selanjutnya ..

0 komentar:

Posting Komentar