Pengertian CPC CPM CPA CTR CPL CPS
Seringkali kita masih di bingungkan dengan beberapa istilah dalam periklanan di internet di antaranya yang sudah saya sebutkan di dalam judul artikel ini. Meskipun demikian yang paling sering di dengar adalah CPC, CPM, CPA dan CTR yang mungkin sering kamu liat pada beberapa situs penyedia layanan periklanan di internet.
Terutama bagi pemilik situs atau blog sangat penting memilih jenis iklan di blog mereka, hal ini bertujuan untuk menentukan jenis iklan mana yang sebaiknya mereka pasang agar sesuai dan mendapatkan keuntungan paling tinggi. Nah berikut ini saya mencoba menjelaskan pengertian Pengertian CPC CPM CPA CTR CPL CPS beserta contoh real teknisnya bagaimana.
1. Pengertian CPC/PPC
CPC adalah singkatan dari Cost Per Click atau biaya dari satu klik iklan, jadi dengan demikian kita tahu berapa sih harga satu klik yang di lakukan pengunjung. Lalu apa perbedaannya CPC dengan PPC? menurut saya CPC itu di dalam lingkup dari PPC, jadi PPC adalah Pay Per Click adalah jenis iklan yang membayar kita jika ada pengunjung situs yang klik iklan yang kita pasang.
Sedangkan CPC adalah menunjukan berapa harga per satu klik iklan, jadi misal di KlikSaya.com sebuah iklan memiliki CPC seharga Rp.600 maka belum tentu kita dibayar Rp.600 per klik. Karena harga tersebut adalah harga yang di tawarkan kepada si advertiser/pengiklan bukan besarnya bayaran publisher, jadi nanti Rp.600 tersebut di bagi untuk kamu sebagai publisher dan penyedia layanan iklan (KlikSaya) tersebut. Mungkin kamu hanya mendapatkan <100 sampai 200 sekian rupiah.
2. Pengertian CPM
CPM adalah Cost Per Mile adalah jenis iklan yang membayar kita per 1.000 tayangan/impresi iklan. Contoh iklan CPM adalah iklan Pop Under dimana pengunjung akan di arahkan ke laman pop up jika klik bagian manapun dalam situs web/blog. Contoh penyedia layanan Iklan Pop Under paling terkenal adalah Pop Cash, Yllix dan Pop Ads. Contoh iklan CPM lainnya adalah shorten link seperti di Adf.ly dab Shorte.st.
Harga yang di bayarkan kepada kita setiap 1.000 tayangan iklan adalah berbeda � beda namun kurang lebih adalah $1, hal tergantung dari IP pengunjung berasal. Jadi pengunjung yang berasal dari negara Indonesia dibandingkan pengunjung dari negara USA pasti harganya berbeda dan lebih mahal untuk pengunjung dari luar negeri.
Maka dari itu jika kamu sebagai publisher iklan CPM pasti akan tertera berapa rate iklan setiap harinya, misal hari ini rate iklan adalah $0,7 berarti harga per 1.000 tayangan adalah $0,7. Harga ini berubah � ubah setiap harinya hal ini bergantung darimana pengunjung blog kamu datang, misal dari luar negeri semua pasti ratenya tinggi mungkin bisa mencapai diatas $2.
Namun yang perlu kamu perhatikan disini jika kamu sebagai publisher adalah jumlah perhitungan impresi belum tentu sama dengan trafik asli situs kamu. Misal kamu memiliki blog dengan total pengunjung harian 1.000 UV dan 2.000 PV maka jangan berharap bahwa kamu akan mendapatkan 1.000 impresi setiap harinya, saya kira paling hanya sekitar 100 � 300 impresi. Kenapa demikian? silahkan kamu coba baca pada artikel saya sebelumnya: Mengapa Jumlah Impresi Pop Under Berbeda Dengan Trafik Asli?
3. Pengertian CPA
CPA adalah Cost Per Action atau jenis iklan yang membayar kita setiap ada pengunjung yang mengikuti instruksi dari iklan tersebut misal melakukan poling, kemudian menjawab pertanyaan/survey dan lain sebagainya. Jenis iklan seperti ini sangat jarang sekali diminati oleh publishers.
4. Pengertian CTR
CTR adalah Cost Through Rate yaitu perbandingan antara jumlah klik dengan total tayangan laman. CTR biasa di tampilkan di dalam dasbor akun publishers seperti contoh gambar di bawah ini laporan dari KlikSaya tanggal 29 September 2015:
Pengertian CPC CPM CPA CTR CPL CPS Iklan Internet
Berdasarkan gambar di atas CTR: 0,56 dengan iklan tampil sebanyak 1.246 dan hanya mendapatkan 7 klik. Jadi perhitungan CTR adalah (Klik ; Tampil) x 100 jadi (7 : 1.246) x 100 = 0,56179xxx. Sangat kecil bukan jumlah klik dan bayarannya? :(
5. Pengertian CPL
CPL adalah Cost Per Lead atau jenis iklan yang membayar kamu jika ada seseorang yang mendaftar melalui iklan kamu. Atau lebih populer di sebut dengan referal atau downlink, jadi seseorang mendaftar/membeli melalui link/iklan yang kamu pasang di situs kamu.
6. Pengertian CPS
CPS adalah Cost Per Sale atau jenis iklan yang membayar kamu membagi keuntungan setiap produk yang di beli dari link iklan kamu. Misal sebagai contoh ada pengunjung yang membeli sebuah produk melalui iklan di blog kamu dengan harga 100 ribu, mungkin saja kamu mendapatkan komisi 30 ribu atau sesuai ketentuan periklanan.
Memang mendapatkan penghasilan dari jenis iklan di atas mungkin bagi sebagian orang hasilnya relatif kecil, dengan trafik ribuan pengunjung paling tidak kita hanya mendapatkan ribuan rupiah saja. Dan diantara banyak iklan di atas yang paling saya rekomendasikan adalah iklan CPM Pop Under karena memang penghasilannya lebih banyak, kamu bisa mencoba Pop Cash.
Are you trying to make cash from your websites/blogs via popunder advertisments?
BalasHapusIf so, have you ever used Pop Cash?