Rabu, 13 April 2016

Mengenal Sejarah ISP di Indonesia

Yuk ! Mengenal sejarah ISP (Internet Service Provider) di Negara kita Tercinta ini yakni INDONESIA , seperti apa sih sejarah ISP (Internet Service Provider) di Indonesia, Berikut Penjelasan dari ekibussines ..


Internet Service Provider (ISP) pertama kali di Indonesia adalah IPTEKNET (http://www.iptek.net.id/) yang beroperasi penuh menjelang awal 1994. Pada tahun yang sama, PT. IndoInternet (http://www.indo.net.id/) atau IndoNet yang dipimpin secara part-time oleh Sanjaya mulai berperasi. IndoNet merupakan ISP komersial pertama di Indonesia yang pada awalnya memanfaatkan lisensi dari PT. Lintas Arta. Sambungan awal ke internet oleh IndoNet dilakukan menggunakan metode dial-up. IndoNet berlokasi di daerah Rawamangun, di kompleks dosen Universitas Indonesia. ISP yang tidak lama menyusul IndoNet adalah RadNet (http://www.rad.net.id/).

Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia, seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di Amerika Serikat, maka pemakai internet di Indonesia bisa akses internet (HTTP).


Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu dan lainnya saling menunjang membuahkan masayarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan-rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing list utama, seperti warta-e-commerce@groups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id, dan i2bc@egroups.com.

Demikian untuk sejarah ISP (Internet Service Provider) di indonesia , sampai ketemu diartikel artikel selanjutnya ..

0 komentar:

Posting Komentar